Rabu, 09 Agustus 2017 - 02:25:35 WIB

Tanda-Tanda Smartphone Android Terkena Virus Dan Cara Mengatasinya

Diposting oleh : admin Kategori: Artikel - Dibaca: 19 kali

Muncul Pop Up Iklan

Tanda-tanda smartphone terkena virus pertama adalah munculnya iklan di sana-sini, apalagi kalau ada iklan atau pesan yang muncul secara pop-up. Apabila kamu menemukannya ketika sedang membuka aplikasi atau game gratis tertentu, itu wajar.

Permasalahan baru terjadi apabila kamu menemukan iklan atau pesan pop-up tersebut hadir ketika tidak melakukan apa-apa. Misalnya di homescreen, lockscreen, atau saat membuka aplikasi yang biasanya tidak memunculkan iklan.

Sebaiknya, jangan sampai kamu mengklik iklan yang muncul. Itu adalah salah satu jalan untuk peretas mengambil informasi penting milikmu

Mengirim atau Menerima SMS Aneh

Smartphone yang terinfeksi malware juga biasanya mampu mengirim SMS secara diam-diam, atau bahkan mampu membuat panggilan telepon ke nomor tertentu. Jika kamu menemukan jenis SMS aneh, tapi kamu tidak merasa melakukannya, kemungkinan smartphone kamu telah di-hack.

Peretas mungkin juga menggunakan teknik phising untuk mengambil alih akun perbankan atau media sosial milik kamu. Solusi untuk menghindari teknik SMS phising, segera hapus SMS tersebut dan akan lebih baik jika kamu mengaktifkan otentikasi dua langkah di semua layanan yang mendukung.

Baterai Smartphone Boros.

Baterai smartphone kamu lebih cepat habis dari biasanya? Padahal kamu menggunakan smartphone secara wajar. Ya, mungkin ada program lain yang berjalan di background yang bisa jadi adalah virus.

Cobalah untuk mencari tahu apakah ada aplikasi tidak diinginkan yang hadir di Android. Kamu bisa buka Settings>; Apps untuk memeriksa daftar seluruh aplikasi yang ada di smartphone.

Melalui list tersebut, tentu saja jika kamu jeli, maka akan ada aplikasi asing yang mungkin saja selama ini merekam segala gerak-gerik aktivitas smartphone kamu.

Smartphone Lemot

Tanda-tanda smartphone terkena virus selanjutnya ialah menurunnya performa, smartphone jadi lemot dan lebih parahnya sering hang. Mungkin smartphone kamu telah mengunduh cache yang berisi malware berbahaya.

Solusi yang bisa kamu lakukan ialah cobalah untuk melakukan 'clear cache'. Cache adalah beberapa file aplikasi dan situs web yang disimpan pada ponsel dalam rangka untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan ketika kamu membuka aplikasi lagi.  Nah untuk menghapus cache, kamu bisa membuka:

  1. Settings
  2. Storage cara-menghapus-cache
  3. Internal Shared Storage
  4. Cached Data cara-clear-cache-di-android
  5. OK (untuk konfirmasi).

Kuota Cepat Habis

Kuota yang cepat habis juga bisa jadi tanda bahwa smartphone kamu terjangkit virus. Coba cek dulu, aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota internet kamu.

Caranya buka Pengaturan > Data usage. Dari situ, kamu bisa melihat daftar aplikasi yang paling menyedot kuota. Jika aplikasi tersebut sering kamu gunakan, itu tidak apa-apa.

Nah yang nggak wajar adalah ketika ada aplikasi yang sangat jarang sekali kamu gunakan muncul dalam daftar teratas. Jika menemukan hal yang seperti itu, sebaiknya hapus aplikasi tersebut.

Waktu Booting yang Lama

Ciri-ciri smartphone yang terinfeksi malware berikutnya ialah waktu booting yang lama ketika kamu menyalakan atau restart smartphone. Ada dua kemungkinan, pertama RAM dan memori internal kamu rendah.

Atau yang kedua adalah karena adanya malware yang mengkonsumsi banyak waktu booting. Jika memang kondisinya lebih parah dan lama banget, solusi yang bisa kamu lakukan ialah factory reset.

Redirect Malware

Jika kamu sedang browsing atau membuka aplikasi tertentu, namun muncul redirect ke situs yang mencurigakan. Kamu perlu waspada, karena bisa saja itu malware. Solusinya adalah dengan kembali memeriksa daftar seluruh aplikasi yang ada di smartphone.
Kesimpulan

Itulah tanda-tanda smartphone Android yang terkena virus atau malware. Mungkin sekarang kamu tidak begitu peduli dengan potensi dari bahaya virus di smartphone, sebelum kamu benar-benar mengalaminya.

Semoga saja tidak ya, karena itu penting untuk mengatahui ciri-ciri perangkat yang terjangkit malware.


 

Berita Terkait



Komentar